Jadi Saksi Century, Boediono Seksama Dengar Rekaman RD

images (2)Faktanews.co.id. (Jakarta)- Hadir menjadi saksi di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Jumat (9/5)Wakil Presiden (Wapres) Boediono dikawal cukup ketat hingga masuk ke ruang sidang di lantai 1 gedung.

Menghampiri tempat duduk yang sudah disiapkan. Boediono langsung mencermati suara rekaman-rekaman Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada tanggal 5 November, 13 November, 14 November, 15 November, dan 16 November 2008 lalu.

“Izinkan kami memperdengarkan rekaman Rapat Dewan Gubernur BI. Karena kalau diputar di akhir takutnya terlalu lama. Karena kalau diperdengarkan semua akan memakan waktu empat jam,” kata Jaksa KMS A Roni di awal persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Jumat (9/5).

Ketua Majelis Hakim, Afiantara mengabulkannya, “Silakan, asal pokoknya dan yang penting-penting saja,” kata Afiantara.

Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada 16 November 2008, terdengar Boediono menjelaskan mengenai kondisi Bank Century telah berkoordinasi dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat itu berkunjung tugas negara di luar negeri.

SBY. mengarahkan untuk mencari solusi terbaik sekaligus menekankan agar supaya tidak ada bank gagal sehingga akan berdampak pada bank lain.

Arahan Sby di tindak lanjuti Boediono selaku Gubernur BI ketika itu untuk meminta bawahannya mencari dasar hukum guna landasan pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek.(Sp)

Komentar

comments