Tour de Banyuwangi Ijen 2016 Selesai, Peter Pouly Juara Ketiga Kali, Kali Ini Diskualifikasi?

2016-05-14 22.24.46Faktanews.co.id.(Banyuwangi)-  Hari ini sabtu 14 Mei 2016 International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) tahun 2016 berakhir. sesuai prediksi sebelumnya Peter Pouly mempertahankan gelar ketiga kalinya dalam helatan yang lebih kental kepada kemasan promo geliat Banyuwangi dalam wisata Nasional maupun International tersebut.

Spesialis raja tanjakan (King of Mountain) Peter Pouly menjuarai ajang yang sama pada tahun 2014 dan 2015 lalu itu meski sejak etape 1 hingga 3 tidak pernah mengenakan yellow jersey, namun di etape menempuh jarak 123 kilometer dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Muncar menuju Paltudin, Gunung Ijen, Pouly menjaga peluang dengan terus berupaya didalam rombongan besar pembalap.

Pouly mulai nampak dominan dirute tanjakan wilayah Jambu, kecamatan Licin atau 10 kilometer jelang garis finish.

Strategi yang pernah dilakukan tahun sebelumnya sukses dilakukan.

Pouly berhasil menyalip sejumlah pembalap yang sebelumnya didepan, Ma Guangdong (Wisdom-Hengxiang Cycling Team), Arin Iswana (Pegasus), Bambang Suryadi (Black Inc), Thavone Phonasa (Black Inc Cycling Team).

2016-05-14 22.02.57

Pembalap Singha Infinite Cycling Team ini kembali menjadi juara pada ITdBI 2016 setelah sukses menjadi pembalap pertama yang memasuki garis finish Etape 4 (terakhir) lolos dari tanjakan paling ektrem di dunia Paltuding, lereng Gunung Ijen, dengan catatan waktu 03:50:58.

Diposisi dua pembalap dari Kinan Cycling Team Jepang Jai Crawford dengan waktu 03:53:02.

Disusul pembalap Indonesia dari team (Black Inc Cycling Team) Bambang Suryadi di posisi ketiga dengan waktu 03:55:03.

“10 kilometer akhir itulah penentuannya. saya mulai mempercepat laju sepeda,” kata Pouly (14/5).

Informasi terakhir yang diterima, beberapa jam setelah gelar juara diraih, pembalap asal Perancis Peter Pouly itu terkena diskualifikasi dari International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2016. sehingga sang runner-up klasemen umum Jai Crawford dari Kinan Cycling Team, menggesernya sebagai juara.

Dalam rilis yang disampaikan oleh commisaire, Pouly di nilai melanggar disiplin UCI (Union Cycliste International) federasi olahraga sepeda Internasional terkait bobot sepeda yang digunakan tidak sesuai spesifikasi dalam regulasi UCI yaitu 6,8 Kg.

Pouly belakang diketahui menggunakan sepeda balap berbobot kurang dari 6 kg.

Disisi lain, pantauan Faktanews.co.id. sejumlah ruas jalan utama Banyuwangi selang beberapa waktu jelang dilewati para pembalap ditutup karena rute dilewati ITdBI.

Sayangnya penutupan tersebut, tidak dilakukan buka tutup sementara jalan di Kota Banyuwangi dikenal sedikit jalan alternatif, hal ini mengundang keluhan masyarakat karena macet total dalam beberapa jam.

“kita tahu kok banyuwangi ada gawe seperti ini setiap tahun, tapi ya dipikirkan rakyat lain butuh jalan untuk berakitivitas, pulang kerja, atau yang kepentingan lain, ini lo saya mau kedokter gak bisa lewat, nunggu bubaran balapan lewat,” kata Reny, warga Kepatihan (13/5). Keluhan bernada sama juga tak sedikit dari warga pengguna jalan.

Sementara itu, sejak awal pagelaran balapan Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) tahun 2016 sejumlah instansi swasta dan pemerintah yang dilewati rute balapan berpartisipasi melihat.

Tak ketinggalan sejumlah instansi pemerintah hingga dikabupaten, Kepala kantor, Kepala dinas turut dalam beberapa hari hiruk pikuk tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI).

“kan ini gawe Banyuwangi, teman-teman kepala dinas lain juga hadir, ya ada hadir mendampingi Bupati mas,” papar salah satu Kepala Dinas.

Yang terpenting, kehadiran sejumlah pejabat Banyuwangi tidak terlalu menggangu tugas layanan dikantornya.
“hehe kan kalau gak ada kepala dinas tak masalah masih ada staf di kantor untuk pelayanan masyarakat, kalau ada yang keluyuran pasti di tindak,” jelasnya. (gust/van/kin).

Komentar

comments

Tagged with