Ingin Kembali Nikmati Deburan Ombak Plengkung

Faktanews.co.id.- Hari sabtu ketika kolega-kolega fakta yang jauh – jauh dari Batam dan Batulicin, kalsel datang ke Banyuwangi, m

surfing di plengkung banyuwangi

surfing di plengkung banyuwangi

ereka  memberondong keingintahuan wisata Pantai Plengkung atau yang lebih di kenal oleh wisatawan mancanegara dengan nama G-Land.

Kolega terus berceloteh pantai plengkung yang surga bagi peselancar profesional nasional maupun mancanegara. Pengetahuan mereka tentang G-Land memiliki ombak besar, dikelilingi hutan tropis alami yang terjaga dari tangan jahil nan serakah manusia.

Mereka mengetahui moment ramainya kunjungan wisatawan untuk peselancar surfing yaitu bulan Mei hingga  Oktober karena dibulan tersebut ombaknya mencapai 5 meter.

Para peselancar utamanya yang dari mancanegara berangkat dari bali, menyeberang pelabuhan ketapang, kemudian melalui jalur darat kabupaten Banyuwangi berjarak 52 km menuju ke Grajagan (G-Land), Selanjutnya menyewa boat ke pantai Plengkung.

Cottage dan Jungle camp dekat pantai siap menerima para pengunjung yang ingin menginap. “aku tahu itu dari pemberitaan, sekarang datang kesini mau kau antar tapi lewat darat”, Kata salah satu kolega.

Kalimat pengantar harus disampaikan sebelum perjalanan bahwa Pantai Plengkung terletak di pantai selatan Banyuwangi, ujung timur jawa timur. Untuk mencapai Plengkung G-Land bisa melalui dua jalur darat maupun darat dan laut.

Perjalanan Darat : kota Banyuwangi Kalipahit berjarak 59 Km menggunakan angkutan Bus. Dari Kalipahit menuju Pasar anyar berjarak 3,5 Km ditempuh kendaran roda dua ojek.

Perjalanan dilanjutkan dari Pasar anyar Trianggulasi menuju Pancur  berjarak 15 Km, Pancur-Plengkung 9 Km “pakai mobil juga ada mas yang penting harga cocok,” kata warga Sujarno memberi informasi.

Perjalanan terbilang lancar, sedikit hambatan karena jalan beberapa bagian jalan tergenang hujan.

Sujarno tak mau kalah secara rinci menjelaskan perjalanan bisa Lewat Darat kemudian dilanjutkan Laut : naik Bus atau kendaraan umum angkutan antar yng bias dikenal colt dari Banyuwangi-Benculuk berjarak tidak kurang 36 Km, selanjutnya menuju Grajagan berjarak 18 Km. Dari Grajagan Plengkung bisa ditempuh melaui jalur laut menyewa Speed Boat.

“Kalau mas-mas ini lewat Grajagan. Disana ada  penginapan sekalian menginap bisa menikmati cantiknya pantai Grajagan”, jelasnya berpromosi.

Perjalanan akhirnya sampai dipantai plengkung dengan ombak dan airnya bersih dari sampah. Sayang moment penting kolega tak bisa di dekumentasikan secara maksimal.

Kamera tertinggal ketika kami makan di sebuah rumah makan.

Hanya sekitar 1 jam menikmati indahnya pantai plengkung kami bergegas. untungnya sang pemilik rumah makan jujur.”ini mas kameranya, Tadi sampean tak panggil-panggil tidak dengar,” kata pemilik rumah makan.

Dari raut muka nampak kolega fakta senang kamera kembali ditangan tapi sebenarnya ingin lebih lama lagi menikmati pantai pelngkung.

“lain waktu, Kami ingin kembali menikmati pantai plengkung”, ungkap Fendi dan Pranoto kolega fakta penasaran. (Fen/Makin)

Komentar

comments