Indonesia Kekurangan 400 Ribu Pengajar, Guru Honor Berprestasi Mestinya Diangkat PNS

Mendikbud Anies Baswedan

Mendikbud Anies Baswedan

Faktanews.co.id.(Jakarta)- Pemerintah akan segera atasi kekuarangan tenaga pengajar, namun demikian belum ada kepastian waktu akan direalisasikan karena masih akan digelar rapat bersama menteri terkait.

Antara lain, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi, Menteri Agama serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Hal ini di sampaikan Warpres ketika menemui Ketua Pengurus Besar (PB) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Sulistiyo.

Sulistiyo mengatakan, kekurangan guru di Indonesia saat ini mencapai 400 ribu tenaga pengajar Sekolah Dasar (SD), guru agama dan guru olahraga.

Jumlah ini semakin bertambah menyusul sebagian guru juga menghadapi masa pensiun

“PGRI melaporkan saat ini terjadi kekurangan guru yang sangat besar di Indonesia, terutama yang mengajar di SD, baik guru kelas, guru agama, maupun guru olah raga. Jumlah kekurangannya menurut data yang kami miliki lebih dari 400 ribu,” katanya usai menghadap Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla JK, Kamis (19/3).

Lebih jauh Sulistiyo mengusukan kepad wapres,  tenaga pengajar honorer penghasilan rendah, untuk itu Sulistiyo meminta agar para guru honorer yang memiliki prestasi di pertimbangkan diangkat menjadi guru berstatus pegawai negeri sipil. (sp/fn)

Komentar

comments