Ider Bumi Ritual Desa Kemiren. Seblang Olehsari dilaksanakan 1-7 Agustus

Ider Bumi Ritual Desa Kemiren. Seblang Olehsari dilaksanakan 1-7 Agustus
Barong Ider Bumi,Tradisi Masyarakat osing Banyuwangi

Barong Ider Bumi,Tradisi Masyarakat osing Banyuwangi

Faktanews.co.id- Banyuwangi- Barong Ider Bumi merupakan kegiatan rutin masyarakat Using (suku asli Banyuwangi) di Desa Kemiren setiap tahun pada hari kedua Idul Fitri. Tahun ini digelar pada 29 Juli. Barong Ider Bumi wisata budaya yang masuk dalam kalender Banyuwangi Festival 2014.

Barong Ider Bumi telah menjadi bagian dari ritual dan tradisi turun – temurun masyarakat Using. Topeng Barong  gambaran hewan menakutkan di yakini perlambang kebaikan berkemampuan mengusir roh-roh jahat.

Dalam ritual Ider Bumi ini di tampilkan atraksi arak-arakan Barong yang merupakan bermakna simbolis do’a harapan agar sang pencipta setahun kedepan memberi keselamatan dan kesejahteraan kepada masyarakat.

Penutup ritual Barong Ider Bumi, masyarakat using kemiren melakukan selamatan dengan menu pokok makan pecel pitik (pecel ayam).

Kalender lain Banyuwangi Festival 2014 yang masih dalam suasana idul fitri adalah Seblang Olehsari yang berlangsung tanggal 1-7 Agustus.

Seblang adalah acara ritual masyarakat using desa oleh sari kecamatan glagah, acara ritual seblang sejenis selamatan bersih desa untuk menolak bala.

Uniknya, Seblang Olehsari di perankan gadis perawan dalam keadaan tidak sadar. Sebelum ritual Seblang dilaksanakan, acara dimulai pada malam hari masyarakat desa menggelar selamatan besoknya siang hari acara seblang akan digelar(gust/kin)

Komentar

comments

Tagged with