Hujan Deras Mengakibatkan Banjir Hingga Di Sukowidi

Hujan Deras Mengakibatkan Banjir Hingga Di Sukowidi
Faktanews.co.id,- (Banyuwangi)- Hujan deras diwilayah yang terjadi di Kecamatan Glagah, Kalipuro dan Kecamatan Banyuwangi diatasnya sejak pukul 12.00 WIB (15/3/2018) mengakibatkan tiga sungai banjir dan meluap hingga rumah warga Sungai dibantaran sungai.
Dalam pantauan wartawan, terparah, luapan air deras berwarna coklat pekat disertai material meluap hingga masuk diarea pemukiman penduduk yang tinggal didekat sekitar bibir sungai, ketiga Camat yang wilayahnya terkena dampak banjir memberi petunjuk evakuasi dan pembersihan lumpur bahkan sudah terlihat beberapa posko kesehatan didirikan, begitu juga Dinas Sosial Banyuwangi sudah tampak membuka dapur umur.
Di Desa Kampung Anyar Kecamatan Kalipuro satu unit rumah roboh akibat terjangan air bah tersebut. nampak pula pondasi bangunan plengsengan terlihat rusak sepanjang 20 meter akibat tergerus aliran sungai.
Jembatan penghubung antara Dusun Banjarwaru dengan Dusun Krajan tertutup oleh batang – batang pepohonan yang terbawa arus.
Sementara di area Kecamatan Banyuwangi tepatnya di lingkungan Kebon jeruk atau yang biada dikenal dengan sebutan Lingkungan Manggisan, Kelurahan Lateng, ketinggian air mencapai 40 hingga 50 cm masuk hingga di Gang jalan penduduk, dua unit rumah terlihat rusak berat, beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Mirdan, salah satu pemuda warga Desa lingkungan Sukowidi mengatakan banjir terjadi sekitar jam 14.30. Banjir  menuyusul aliran sungai dari barat mengakibatkan bangunan kamar mandinya tergerus banjir.

Warga mengucapkan terima kasih kepada team KPS juga dari bhabinkantibmas bersama pak Lurah yang sudah turun ke warga

“Alhamdulillah tidak ada korban tetapi salah satu rumah warga terkena imbasnya. sudah dapat bantuan dari team KPS (KLATAK PEDULI SOSIAL) untuk membetulkan kamar mandi kepunyaan warga yang tergerus banjir,”katanya

Sementara itu, tokoh masyarakat setempat Supri Handoyo, semenjak dirinya bertempat tinggal dilingkungan Kelurahan Klatak, kecamatan Kalipuro RT 04 Rw 02. menurutnya banjir yang tak terjadi tidak seprti biaanya itu melewati ketinggian plengsengan.

“Baru pertama kali ini banjir bandang melanda wilayah Sukowidi, Sudah ada bantuan pembangunan plengsengan tapi kurang tinggi dan tidak memenuhi syarat untuk banjir yang melanda sekarang, Selain itu tanggul air yang berada di sungai sangat minim,”pungkasnya.(kin/kur).

Komentar

comments

Tagged with