Hasil Hearing DPRD Dengan Sertawangi. GTRA Solusi Penyelesaian Tanah

Hasil Hearing DPRD Dengan Sertawangi. GTRA Solusi Penyelesaian Tanah

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)– Segera dibentuknya Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) adalah solusi penyelesaian konflik agraria di Bumi Blambangan.

Hal ini merupakan bagian dari hearing Komisi I DPRD Kabupaten Banyuwangi dengam puluhan petani yang mengatasnamakan Serikat Tani Banyuwangi (SERTAWANGI),Selasa (01/10/2019).

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dilaksanakan di Ruang Khusus DPRD Banyuwangi tersebut, GTRA dinilai sebagai langkah penting guna  penyelesaian konflik pertanahan yang belum terselesaikan.

Ketua Sertawangi, Yateno Subandio, Pembentukan GTRA merupakan amanat Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 86 tahun 2018 tentang Reforma Agraria.

“Kalau tidak dibentuk, konflik pertanahan di Banyuwangi tidak akan terselesaikan hingga puluhan tahun,”kata Yateno.

Nampak Hadir dalam rapat pendapat Komisi I, Kepala Kantor Badan Pertanahan Banyuwangi, Perwakilan Perhutani, Bakesbangpol, Satpol PP, Bagian Pemerintahan, Bagian Hukum Sekretariat Kabupaten Banyuwangi.

Ketua Komisi I, Irianto,SH mengatakan, mengacu Perpres No. 86 tahun 2018, kepengurusan GTRA di level kabupaten diketuai Bupati, Wakil Ketua Sekretaris Kabupaten (Sekkab), Ketua Pelaksana Harian, dijabat oleh Kepala Kantor Pertanahan setempat.

Untuk kelengkapan keanggotaan GTRA bisa berasal dari pejabat tinggi pratama perangkat daerah, pejabat kantor pertanahan, tokoh masyarakat dan kalangan akademisi.

“Kami dari Komisi I akan segera melaporkan hasil hearing dengan  Serikat Tani Banyuwangi kepada pimpinan Dewan, agar Pemkab Banyuwangi segera membentuk GTRA,”katanya.(*kin).

Komentar

comments