Hartanya Dieksekusi Wanita Tua Menangis Dan Bersujud Ditengah Kehujanan Minta keadilan

Hartanya Dieksekusi Wanita Tua Menangis Dan Bersujud Ditengah Kehujanan Minta keadilan

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)- Eksekusi lahan dan bangunan milik Halimatus Sa’diyah, warga Desa Wringinagung, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur berjalan dengan diiringi tangisan dan sujud pada saat hujan turun.

Pihak tergugat tereksekusi Sa’diyah menangis hingga bersujud pada saat hujan lebat mengguyur pelaksanaan pembacaan eksekusi yang sedang berjalan.

Sa’diyah yang tua renta dan awam hukum jadi tontonan warga sekitar bersikukuh meminta keadilan ditengah petugas eksekusi Pengadilan Negeri Banyuwangi yang didampingi kepolisian koramil setempat yang ikut mengamankan jalannya eksekusi.

“Ya ALLAH turunkan hujan yang deras, saya ingin mendapat keadilan,” tangis Sa’diyah sambil ditengah hujan deras,(6/11/2018).

Sa’diyah mengatakan,¬† Aset¬† yang dieksekusi tersebut bila dijual laku 6M, sebelumnya sempat ditawar 3M sedangkan hutangnya hanya tinggal 700 juta. “apakah ini adil buat saya,”teriak Sa’diyah histeris.

Sementara itu, Ir Syaiful Muttaqin SH, kuasa hukum Sa’diyah bersama LPKN Banyuwangi berupaya membantu dengan menyuarakan memanusiakan manusia.

“Eksekusi yang manusiawi jangan seperti ini, Apakah yang seperti ini masih disebut berperikemanusiaan, mana hati nurani kita,” terang Syaiful Muttaqin.

Saiful mengatakan, protes yang dia lakukan hanya untuk keadilan serta perikemanusiaan. Bukan untuk menghambat proses eksekusi. Namun guna meminta ruang negoisasi agar kliennya bisa mengeluarkan perabotan dan peralatan bengkel dengan lebih manusiawi.

Disisi lain, Emil Ma’ruf selaku kuasa hukum pemohon eksekusi, menilai proses eksekusi yang dilakukan sudah sesuai prosedur.

“Sudah sesuai hukum acara eksekusi. Perintah eksekusi sudah berkekuatan hukum tetap,” ucapnya.

Pengacara asal Sidoarjo ini sebaliknya menyayangkan sikap pengacara termohon eksekusi (Halimatus Sa’diyah).

“Jangan begitulah, kalau memang tidak terima, silakan menempuh jalur hukum, tapi eksekusi harus tetap dijalankan,” pungkas Emil. (ver/kin).

Komentar

comments

Tagged with