Halal bi Halal Bisa Untuk Merajut Rasa Kebangsaan

Halal bi Halal Bisa Untuk Merajut Rasa Kebangsaan

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)- Rutin dilakukan setiap tahun dalam merayakan Idhul Fitri, Dewan Perwakilan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Banyuwangi menyelenggarakan acara Halal Bihalal Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, Rabu (12/06/2019).

Acara ini digunakan untuk moment saling bermaaf-maafkan usai sebulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Dalam acara diselenggaran dihalaman DPRD Banyuwangi itu, nampak hadir Ketua DPRD, I Made Cahyana Negara,SE, Wakil Ketua DPRD, H.M.Joni Subagio,MH, Ruliono.SH dan Hj.Yusieni, seluruh anggota dewan, Sekretaris DPRD, Suprayogi,SH.MM beserta jajarannya serta para undangan.

Ketua DPRD, I Made Cahyana Negara mengatakan,  hal indah merayakan lebaran saling memaafkan bila ada komunikasi dan tugas terjadi kekeliruan maupun kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

“Selain itu halal bi halal ini juga sebagai ajang silaturrahmi untuk membangun kebersamaan, selaku pribadi maupun lembaga saya mengucapkan selamat Hari Raya Idul fitri 1440 H , Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon maaf Lahir dan Batin,”kata Made Cahyana dipodium acara tersebut.

Lebih jauh menurut Made Cahyana tradisi silaturahmi dalam perayaan Idul Fitri bisa digunakan menjadi salah satu cara merajut rasa kebangsaan, dialog keharmonisan sesama dengan latar belakang berbeda tapi tetap dalam kebhinekaan.

Sementara itu Ketua PCNU Banyuwangi KH. Ali Makki Zaini dalam ceramahnya mengatakan, menjalani kehidupan sosial selama satu tahun, pasti ada sikap yang salah antara satu dengan yang lain.

Oleh karena dengan Halal bihalal Idul Fitri kita bisa saling memaafkan dengan begitu hati kita kembali bersih (suci).

“Di Hari Raya Idul Fitri ini, yang paling utama adalah memberi maaf dan memberi kesempatan kepada orang meminta maaf kepada kita, itulah sesungguhnya fungsi rutinitas Idul Fitri,” Katanya.(kin).

Komentar

comments

Tagged with