banner 728x250

Gunung Raung Keluarkan Suara Dentuman dan Pijar Merah, Wisatawan Diharap Tidak Mendekat Hingga Radius 2 km

  • Bagikan

Faktanews.co.id. – Suara gemuruh disertai letusan erupsi menyusul peningkatan aktivitas Gunung Raung di Banyuwangi, Jember dan Bondowoso, Jawa Timur masih terasa hingga Selasa (2/2) Malam Jelang dini hari dan belum ada kepastian akan mereda.

Suara gemuruh yang terdengar di beberapa daerah lereng Gunung Raung juga dialami warga Desa Jambewangi Kecamatan Sempu, Banyuwangi.

Mereka mengaku, dalam kurun waktu sekitar satu jam suara gemuruh disertai dentuman terdengar hingga lebih dari 25 kali dan juga mengeluarkan asap kelabu (abu vulkanik).

“suara gemuruh dan suara seperti ledakan sejak subuh,” ujar salah satu warga Desa Jambewangi, Ria Selasa (2/2).

Dari jauh, mereka melihat aktivitas Gunung Raung juga mengeluarkan asap warna merah memantulkan cahaya lava pijar.

Suara gemuruh disertai dentuman akibat letusan lahar dari perut gunung raung menggetarkan kaca jendela rumah warga.

Dari Pos Pengamatan Gunung Api Raung yang berlokasi di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi mencatat aktivitas vulkanik gempa tremor disertai semburan material abu vulkanik terjadi secara terus menerus.

Gunung Raung mengeluarkan abu vulkanik setinggi 300 hingga 500 ke arah timur.

Dilansir media, Kepala Pos PPGA Raung, Mukijo mengatakan, akibat adanya peningkatan aktifitas Gunung Raung tidak mempengaruhi (perubahan) suhu di daerah sekitaran lereng gunung berkisar antara 21 hingga 18 derajat Celsius.

Saat ini, Gunung Raung berstatus Level II (waspada) dan berharap masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak beraktivitas dalam radius 2 km dari pusat erupsi kawah puncak.

Sementara abu vulkanik menyembur tipis mengarah ke arah timur, Gunung Raung mengeluarkan abu vulkanik setinggi 300 hingga 500 ke arah timur.

“Suhu terdingin masih berkisaran antara 21 hingga 18 derajat Celsius, dan telah terjadi tremor secara berkelanjutan dengan amplitudo 2 hingga 13 mm,” jelasnya.

Meski sering kali mengeluarkan asap abu vulkanik maupun cahaya api sejak 21 Januari 2021 erupsi Gunung Raung ini masih dalam skala erupsi kecil.

Koresponden Faktanews mengabarkan informasi di Malang ada suara dentuman terjadi diwilayah berbeda.

Di Malang Raya suara dentuman terdengar sekitar pukul 23.00 dan berselang kemudian (2/2).

Dentuman terdengar sedikit mereda ketika memasuki pukul 05.00 WIB pagi hari, (3/2), namun belum ada kejelasan asal suara itu, jarak yang jauh dari gunung Raung dengan Kabupaten malang ataupun Kota Malang, suara gemuruh dari Raung bisa jadi hanya spekulasi.

“Benar ada suara dum-dum keras mas banget, kaca jendela rumah bergetar,” Aku Ahmad warga Kecamatan Wagir Kabupaten Malang .(fre/kin).

banner 120x600
  • Bagikan