GISA Memotivasi Dispenduk Capil Inovasi Layanan “Meninggal Langsung Dapat Akte”

GISA Memotivasi Dispenduk Capil Inovasi Layanan “Meninggal Langsung Dapat Akte”

Faktanews.co.id.- (Banyuwangi)- Menjawab berbagai tantangan dan dinamika peran lembaga Dinas Kependuduk dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Banyuwangi kembali melakukan inovasi layanan kepada masyarakat melalui program meninggal langsung mendapat Surat Akte Kematian.

Ini merupakan inovasi lanjutan dari program lahir procot langsung dapat akte Kelahiran.

“setelah GISA (Gerakan Indonesia Sadar Adiministrasi) di Launching Pak Anas (Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas) Program Meninggal langsung mendapat akte kita gulirkan,” Kata Kadispenduk Capil Banyuwangi,  Drs Djapri Yusuf MM.(1/5/2018).

Inovasi ini menurut Djapri diharapkan bisa membantu masyarakat yang sedang mengalami duka karena keluarga meninggal tidak terlalu sibuk lagi mengurus akte kematian yang dibutuhkan untuk keperluan administrasi kependudukan.

Djapri mengakui program GISA telah memotivasi dan memaksimalkan lembaga Dispendukcapil Banyuwangi dalam menciptakan kesadaran masyarakat dari tingkat Desa dan Kelurahan yang sadar administrasi kependudukan.

“Dari Desa dan Kelurahan akan terbangun Kecamatan sadar administrasi kependudukan dan akhirnya kita menjadi wilayah Kabupaten sadar administrasi kependudukan,”ungkap Djapri.

Untuk menyukseskan program Meninggal langsung mendapat Akte kematian, Djapri menjelaskan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Rumah Sakit (RS) milik pemerintah (RSUD) maupun RS swasta di Banyuwangi.

“Kita kerjasama dengan 13 Rumah sakit, kita terus koordinasi dengan rumah sakit yang ada di Banyuwangi. Pak dr Taufik Direktur RSUD Blambangan yang juga ketua RS se Banyuwangi sangat antusias,” pungkasnya.(kin).

Komentar

comments

Tagged with