DPS-DPT, Jumlah Pemilih Banyuwangi Alami Penurunan Hampir Lima Ribu Orang

DPS-DPT, Jumlah Pemilih Banyuwangi Alami Penurunan Hampir Lima Ribu Orang

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)- Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banyuwangi tahun 2020 mengalami penurunan sebanyak hampir lima ribu pemilih sebelum akhirnya disempurnakan.

Hal ini disampaikan KPUD Banyuwangi dalam rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan penetapan DPT di hotel Aston, Rabo (14/10/2020).

Tepatnya jumlah 4.930 ribu pemilih yang sebelumnya terdapat dalam daftar pemilih sementara (DPS) sudah tidak tercatat dalam DPT yang sudah ditetapkan berjumlah 1.309.839 orang.

“Ada penurunan sekitar empat ribu sembilan ratusan dibandingkan DPS,”Komisioner KPU Banyuwangi Divisi Perencanaan dan Data Eko Sumanto.

Jumlah penurunan pemilih ini merupakan penyempurnaan karena faktor-faktor yang terjadi yang dimungkinkan terjadi dilapangan seperti pencatatan dilakukan petugas serta faktor lain karena kondisi perubahan Calon pemilih yang sudah tercatat didalam DPS sebelum akhirnya menjadi DPT.

“Penyebabnya ada pemilih meninggal dunia, ada pemilih ganda dan pindah domisili,” jelas Eko.

Dalam Penetapan DPT yang disebutkan sudah final dan tidak ada lagi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPT HP), secara rinci Komisioner KPU Banyuwangi menginformasikan dari 1.304.909 DPT terdapat 646.418 jiwa untuk DPS laki-laki dan 658.491 jiwa untuk DPS perempuan.

Jumlah pemilih tersebar di 25 Kecamatan di Banyuwangi dengan 3.745 Tempat Pemungutan Suara (TPS). (*ndu/kin)

Komentar

comments