Disparta Catat 36 Situs Bersejarah, Juru Kunci Diberi Tali Asih

Choliqul Ridho

Choliqul Ridho

Faktanews.co.id.(Banyuwangi)- Seiring berkembangnya wisata di Kabupaten Banyuwangi, Banyak situs – situs bersejarah yang di temukan di Banyuwangi, bila dijumlah rinci bisa dijadikan investasi Banyuwangi sebagai tempat peninggalan situs bersejarah.

Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi, Choliqul Ridho mengatakan, di Banyuwangi memang banyak di temukan situs – situs bersejarah baik itu makam kuno atau candi.

Sampai sekarang Disbudpar Banyuwangi telah mendaftar 36 tempat.

Jumlah itu diperkirakan bertambah menyusul kesadaran masyarakat melaporkan temuan keberadaan situs yang tersebar diwilayah di Banyuwangi.

Rhido menjelaskan, guna menjaga dan melestarikan wisata bersejarah tersebut, Disbudpar Banyuwangi merawat partisipasi masyarakat dengan memperhatikan juru kunci atau pemelihara tempat sejarah.

Juru kunci yang selama ini ikhlas memelihara tempat-tempat bersejarah tanpa ada pamrih, oleh Dinas Pariwisata Banyuwangi diberikan tali asih.

“Setiap penjaga situs bersejarah yang sudah terdaftar kita beri tali asih sebesar Rp 300 0000/orang. Talih asih kita berikan setiap tiga bulan sekali. Kita juga memberikan baju seragam bertulis juru kunci situs bersejarah setiap satu tahun sekali,” katanya, Kamis (9/7).

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Yanuarto Bramuda mengatakan, perhatian pemerintah Kabupaten Banyuwangi akan terus di tingkatkan dalam pelestarian situs bersejarah dalam rangka bagian wisata. (yayak/makin)

Komentar

comments

Tagged with