Disnakertrans Panggil Perusahaan Jasa Bandara Blimbingsari dan Ketua Serikat Kerja

Disnakertrans Panggil Perusahaan Jasa Bandara Blimbingsari dan Ketua Serikat Kerja

Faktanews.co.id.(Banyuwangi)- Upaya Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Banyuwangi mendampingi ketua Serikat Pekerja Ground Handling Bandara (GHB) Blimbingsari Banyuwangi, Yudi Purnomo SE yang berselisih dengan perusahaan jasa tempat kerjanya, CV Radhitia Avio Jasa (CV RAJ) tampaknya segera mendapatkan solusi.

Hal ini menyusul janji serius Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Banyuwangi, Jawa Timur Banyuwangi, untuk mengupayakan penyelesaian.

Institusi pemerintah terkait tenaga kerja dan Transmigrasi yang berkantor di Jl. KH. Agus Salim itu (Disnakertrans) Banyuwangi sudah menjadwalkan memediasi kedua belah pihak.

Ketua Serikat Pekerja GHB Blimbingsari, Yudi Purnomo akan diundang bersama dengan Direktur CV. RAJ Sukanti Swastikawati SH MM.

“Senen kita panggil kekantor untuk kita mediasi menuju penyelesaian,” kata bagian Hubungan Industrial Disnakertrans Banyuwangi, Junaidi Abdillah kepada Faktanews.co.id.(28/7).

Namun demikian menurut Junaidi, Yudi Purnomo di undang pihak sebagai pekerja.

“Pak Yudi kita undang disini sebagai seorang karyawan, bu Kanti juga kita panggil,” tambahnya.

Seperti diketahui Direktur perusahaan penyedia jasa Bandara Blimbingsari, CV. RAJ, Sukanti Swastika SH.MM dilaporkan karyawannya yang juga ketua serikat kerja GHB Blimbingsari.

Dalam persoalan tersebut, telah dilaporkan soal gaji dibawah Upah Minimum Kabupaten (UMK), karyawan tidak di ikutkan BPJS.

Sementara Sukanti lebih membuka kronologi saat Yudi Purnomo saat awal direkrut di perusahaannya.

Sukanti juga berargumen kenapa memberi upah di bawah dibawah UMK berkaitan etos kerja Yudi.

Sementara Yudi mengaku waktu disibukkan dengan memperjuangkan hak normatifnya dirinya dan anggotanya sebagai pekerja.

“Kita berjuang agar dapat gaji layak, dijamin Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/ Serikat Buruh,” kata Yudi.

Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Cabang Banyuwangi, Helmi Rosadi mengatakan, dirinya terus akan mendampingi Yudi Purnomo maupun selaku ketua serikat kerja agar mendapat hak-hak yang mestinya diterima di tempat dia bekerja.

“tentu, kita akan mendampingi terus, karyawan punya kewajiban kerja sesuai peraturan, karyawan punya hak yang harus diterima, kita pasti perjuangkan All Out lah haknya, sesuai Undang-Undang, karyawan minimal berhak mendapat gaji sesuai UMK diatur pemerintah, harus juga diikut sertakan dalam BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan,” kata Helmi optimis.(kin).

Komentar

comments