Dihari Kesaktian Pancasila, Ketua dan Pimpinan DPRD Banyuwangi Awali Bagikan Buku Spirit Pancasila

Dihari Kesaktian Pancasila, Ketua dan Pimpinan DPRD Banyuwangi Awali Bagikan Buku Spirit Pancasila

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)– Kunjungan Ketua DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana Negara dan Wakil Ketua DPRD, M.Ali Mahrus dan Ruliyono SMA Negeri I Giri Banyuwangi disambut langsung Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Banyuwangi,Kamis (1/10/20).

Kedatangan Pimpinan DPRD Banyuwangi yang bersamaan dengan Hari Kesaktian Pancasila itu juga disambut Kepala SMA Negeri I Giri, Mujib, Ketua Foroum Komite Sekolah Banyuwangi, Misnadi, serta jajaran Guru dan Siswa.

Selain melihat secara langsung pembelajaran daring disekolah tersebut, dalam kunjungannnya, para Pimpinan Dewan Kabupaten Banyuwangi juga menyerahkan buku kumpulan essai yang bertema “Spirit Pancasila,Gotong Royong Hadapi Covid-19”.

Ketua DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana Negara mengatakan, Pancasila sebagai norma dasar, pancasila sebagai falsafah Grondslag atau cara pandang kita sebagai warga negara harus dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari misalnya saat ini negara sedang dalam pandemi covid-19 masyarakat dengan semua pihak melalukan penanganannya dengan gotong royong

“Bertepatan dengan hari Kesaktian Pancasila, kita membagikan buku kumpulan essai ini, Semoga gagasan –gagasan yang disampaikan lewat karya tulis ini bisa memberikan manfaat,” kata ketua DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana Negara.

Diketahui, Buku kumpulan essai ini merupakan buku kumpulan karya tulis peserta lomba essai yang sempat digelar DPRD dalam memperingati bulan Pancasila pada Juni 2020 lalu.

Untuk mendorong kalangan pelajar semakin aktif menulis dan mengaktualisasikan semangan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Made Cahyana menyebut, buku kumpulan essai tentang Pancasila tidak saja dibagikan kepada SMA Negeri I Giri saja, selanjutnya juga akan di distribusikan ke lembaga pendidikan lainnya di Banyuwangi.

Ditempat yang sama Wakil Ketua DPRD, M.Ali Mahrus merincikan, Pancasila sebagai idiologi negara dan pandangan hidup bangsa tidak terlepas dan sejalan dengan konsep syariah Islam.

“Falsafah Pancasila sejalan dengan lima hal inti dalam konsep Syariah Islam,”ucap politikus asal PKB itu.

Lebih jauh dalam kesempatan ini Wakil Ketua DPRD asal partai Golkar Ruliyono menegaskan, hari kesaktian Pancasila dimaknai memperkokoh peran Pancasila sebagai dasar negara serta idiologi bangsa, Pancasila memiliki peran penting sebagai pondasi dasar negara

“ Kesaktian Pancasila juga bisa dimaknai sebagai sebuah penghormatan kepada seluruh pahlawan revolusi yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI,” tegas Ruli.(*kin).

Komentar

comments