Di PT. Trabasti Banyuwangi Punya Dana Rp.25,5 M. Dewan Dorong Galangan Kapal Kembali Operasi

Di PT. Trabasti Banyuwangi Punya Dana Rp.25,5 M. Dewan Dorong Galangan Kapal Kembali Operasi

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)– Untuk mencapai kesepahaman mengoperasikan kembali perusahaan jasa perbaikan kapal atau dok apung (PT.Trabasti) yang pernah dimiliki Pemkab Banyuwang, Pimpinan dan Komisi III DPRD Banyuwangi menggelar rapat kerja bersama eksekutif,Senin (03/02/2020).

Rapat DPRD Kabupaten Banyuwangi dan Pemkab Banyuwangi ini bukti keseriusan dewan mendukung beroperasinya kembali usaha gabungan antara pemkab Banyuwangi dengan PT.Dumas Tanjung Perak Shipyard, Surabaya tersebut,

Hadir dalam rapat kerja tersebut antara lain, Asisten Perekonomian Setda Banyuwangi, Ir. Guntur Priambodo, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Samsudin, Bagian Perekonomian dan Bagian Hukum Setda Banyuwangi.

Ketua DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana Negara mengatakan, DPRD mendorong dan mendukung langkah-langkah maupun upaya untuk mengaktifkan kembali PT Trabasti sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selama ini, Banyuwangi juga merupakan wilayah yang potensial untuk pengembangan industri galangan kapal, baik untuk industri perbaikan kapal maupun pembangunan kapal baru.

Disisi lain, hal itu bisa untuk mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta menyerap tenaga kerja lokal.

“Dalam upaya menghidupkan kembali PT Trabasti, harapannya eksekutif membentuk tim, demikian pula DPRD juga membentuk tim,” ucapnya.

Bentuk dukungan dewan terhadap beroperasinya perusahaan dok apung menurutnya juga ditindaklanjuti dengan kunjungan kerja Komisi III ke PT Dumas untuk melihat secara langsung kondisi dan aktifitas kerja perusahaan galangan kapal tersebut.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD, Ruliono menyampaikan, PT Dumas selaku patners Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam usaha perbaikan kapal merupakan perusahaan yang bonafide.

“Perusahaan tersebut cukup bonafide, kenyataannya telah bekerja sama dengan negara Belanda, Jerman, dan ditahun 2019 PT Dumas telah berhasil menyelesaikan pesanan 22 kapal dengan bobot minimal 1.500 Groos Ton (GT), “ ucap Ruliono.

Menurut Ruli, Saat ini beberapa daerah lain seperti kabupaten Lamongan dan Sumenep juga ingin mengaet PT Dumas untuk berinvestasi di wilayahnya.

Senada dengan Wakil Ketua DPRD lainnya, Michael Edy Hariyanto, juga akan mendukung Pemkab Banyuwangi untuk segera mengoperasikan PT Trabasti.

“Jasa perbaikan kapal sangat prospektif, Ada uang rakyat Banyuwangi sebesar Rp. 25,5 miliar di PT Trabasti, itu nilai yang sangat besar, uang puluhan miliar itu dapat dikelola dengan baik, maka Pemkab banyuwangi akan mendapatkan keuntungan ratusan juta per tahun,“ ungkapnya.

Sementara itu Asisten Perekonomian Setda Banyuwangi, Guntur Priambodo menyampaikan bila bahwa pimpinan dewan sepakat untuk menghidupkan kembali PT Trabasti demi kesejahteraan masyarakat Banyuwangi.

Maka Eksekutif akan segera melakukan langkah-langkah secara normatif dan terukur demi penyelamatan dan perbaikan PT Trabasti kedepan.

Lebih menurut Guntur, eksekutif telah mengirimkan surat kepada menejemen PT Trabasti untuk melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Kalangan dewan juga membantu secara non formal, agar PT Trabasti segera menggelar RUPS yang nantinya akan dibicarakan rencana dan program perusahaan galangan kapal ke depan.

“ Tadi informasi dari pimpinan dewan, perwakilan dari menejemen PT Trabasti menyampaikan akan segera melaksanakan RUPS , “ ucapnya.(*kin).

Komentar

comments