Di Eksekusi 2 Tahun Penjara Karena Kasus Ujaran Kebencian, Setelah Lebaran Alfian Tanjung Ajukan PK

Di Eksekusi 2 Tahun Penjara Karena Kasus Ujaran Kebencian, Setelah Lebaran Alfian Tanjung Ajukan PK

Faktanews.co.id.-(Jatim)- Alfian Tanjung, terpidana 2 tahun penjara kasus ujaran kebencian mengklaim akan mengajukan upaya hukum peninjauan kembali.

Ini disampaikan Alfian disela-sela eksekusi dirinya oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak, Senin (11/6).

Seperti diketahui, tanpa didampingi tim penasehat hukum Alfian Tanjung di Eksekusi penjara di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Porong Sidoarjo.

Eksekusi ini merupakan tindak lanjut upaya hukum Kasasi Alfian Tanjung ditolak Mahkamah Agung (MA), berdasar Putusan MA No.1167/Pid.sus/2018 tanggal 7 Juni 2018.

Sebelumnya oleh Hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Alfian Tanjung divo-nis bersalah melakukan ujaraan kebencian saat mengisi ceramah di masjid Mujahidin, Perak Surabaya.

Alfian dilaporkan oleh seorang warga Surabaya, Jawa Timur, Sujatmiko, lantaran Dosen Universitas Muhamadiyah Prof Hamka ini dalam ceramahnya saat itu terekam dalam sebuah video menyinggung tentang PKI, menyebut nama Jokowi antek PKI, China PKI, Ahok dst.

Sebelum kasus ini, Alfian sempat dituntut atas kasus penghinaan atas tuduhan kepada PDIP yang menampung kader PKI namun telah dilepaskan oleh majelis hakim di pengadilan.

Namun kali ini Alfian dinyatakan terbukti bersalah dipidana 2 tahun karena melang-gar pasal 156 KUHP atau Pasal 16 juncto Pasal 4 huruf b butir 2 UU RI Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Ras dan Etnis.

“Habis lebaran saya akan ajukan PK,” kata Alfian Tanjung, Senin (11/6).

Jalannya eksekusi :

Alfian tiba di Badara Juanda Surabaya sekitar pukul 06.05 WIB setelah dijemput dirumahnya di Jakarta oleh jaksa eksekutor dari Kejaksaan Agung dan Kejari Tanjung Perak dengan pengawalan ketat dari Mako Brimob Kelapa Dua untuk dibawa ke Surabaya,

Rombongan menaiki pesawat melalui Bandara Soekarno Hatta sekira pukul 05.00 WIB.

Usai menjalani pemeriksaan administrasi di Ditreskrimum Unit Jatanras Polda Jatim, sekitar pukul 09.45 Alfian Tanjung dibawa menuju Lem-baga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Surabaya di Porong Sidoarjo dan tiba di Lapas Porong sekitar 10.00 WIB.

Eksekusi Alfian Tanjung ke Lapas Porong ini dipimpin langsung oleh Kajari Tanjung Perak, Rachmad Supriady, SH.,MH. dengan disaksikan Kapolres Sidoarjo.

“atas nama terdakwa Alfian Tanjung, yang amar putusan menolak kasasi terdakwa,” kata Rachmat dalam keterangan kepada awak Media, Senin (11/6). (re/ham).

Komentar

comments

Tagged with