Di Banyuwangi Jokowi Blusukan dan Apresiasi Layanan Publik Dipasar Tradisional

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)– Sebelum menuju Villa So Long,  Presiden Joko Widodo sempat melihat proses pelayanan publik yang terintegrasi saat mengunjungi pasar pelayanan publik di Pasar tradisional Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Kamis siang, (25/6/2020).

Tentang integrasi data kependudukan dengan program Smart Kampung, yaitu sistem digitalisasi pelayanan publik berbasis desa yang dikembangkan Banyuwangi sejak lima tahun terakhir menjadi perhatian Jokowi.

Jokowi tampak menyimak penjelasan Wahyu Fina, salah seorang petugas Pasar Pelayanan Publik Wahyu Fina, terkait proses pelayanan mandiri atau self-service di mana warga bisa mengakses dokumen/izin tanpa bertemu petugas ditempat tersebut.

Merespon hal itu, Jokowi kemudian tampak memerintahkan ke jajarannya untuk mereplikasi konsep unit pelayanan publik yang terintegrasi dengan pasar tradisional ke kabupaten/kota lainnya di Indonesia.

Seperti diketahui, selain memiliki Mall Pelayanan Publik, Banyuwangi juga memiliki dua Pasar Pelayanan Publik, yaitu di Kecamatan Rogojampi dan Genteng. Ini merupakan unit pelayanan publik pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan pasar tradisional.

Dalam kesempatan kunjungan kerja ini, suara-suara panggilan untuk menawarkan baju dari penjual dikios – kios pasar Rogojampi mendadak riuh saat Jokowi blusukan keluar masuk pasar tradisional tersebut.

Sejumlah pengunjung pasar yang ada di lorong kios pasar juga nampak heboh ingin melihat lebih dekat presiden Jokowi.

“Itu yang baju putih pak Jokowi,” kata penjual pakaian di depan kiosnya gembira.

Seperti diketahui, selain memiliki Mall Pelayanan Publik, Banyuwangi juga memiliki dua Pasar Pelayanan Publik, yaitu di Kecamatan Rogojampi dan Genteng. Ini merupakan unit pelayanan publik pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan pasar tradisional.

Dalam kaitan ini masyarakat bisa mengurus dokumen dan izin lebih dekat sekaligus bisa menggerakkan kunjungan atau belanja di pasar tradisional.

Sementara itu selepas dari Rogojampi, kunjungan kerja Presiden Jokowi di Banyuwangi dilanjutkan menuju Villa So Long dalam rangka meninjau kesiapan ‘New Normal’ tempat wisata di Banyuwangi.

Tiba Dibanyuwangi siang hari melalui Bandara Blimbingsari, Presiden Jokowi didampingi Menko Polhukam Mahfud MD, Sekretaris Kabinet Indonesia Pramono Anung, Menkes Terawan Agus Putranto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Whisnutama, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.(bel/kin).

Komentar

comments