Dana Nasabah BRI Yang Hilang Dikembalikan, 5 Pelaku Skimming Tertangkap

Dana Nasabah BRI Yang Hilang Dikembalikan, 5 Pelaku Skimming Tertangkap

Faktanews.co.id.- Bank BRI Cabang Kediri berjanji akan mengembalikan uang nasabah yang hilang akibat kejahatan pembobolan rekening Nasabah Bank di duga akibat penyadapan data nasabah (skimming).

Mekanismenya yakni nasabah melakukan pengaduan ke CS Bank BRI kemudian menyampaikan nomor rekening, jumlah nominal uang yang hilang.

“Data nasabah yang komplain tadi, kemudian kita beri kode trouble tiket. Kita sampaikan ke kantor Pusat untuk diproses, beberapa hari kemudian uangnya kembali,” kata Pimpinan Bank BRI Cabang Kediri, Dadi Kusnadi (15/3).

Dikutip merdeka, pihak Bank BRI masih melakukan proses pendataan seluruh nasabah yang melakukan komplain.

“Karena ini teknis, kami tidak tahu tiba-tiba uang nasabah hilang begitu saja. Maka kami lapor ke pusat. Kami duga ini adalah skimming, yaitu, ada penyadapan data nasabah. Sehingga pada waktu transaksi PIN-nya bocor,” jelasnya.

Menurutnya, nominal uang nasabah yang diambil secara misterius itu tidak bulat, ditengarai bahwa pengambilan uang ini dilakukan dari luar negeri.

Diakuinya, pembobolan ATM nasabah ini, sebenarnya sudah berlangsung beberapa waktu terakhir. hampir setiap hari, customer service (CS) BRI Cabang Kediri menerima komplain dari masyarakat. Jumlah saldo mereka yang berkurang antara Rp 2-3 juta.

“Setelah kejadian itu, satu bulan lalu, tim melakukan penertiban dan pembersihan barang kali ada hal-hal yang mencurigakan apa itu. Sejak tanggal 19 Februari kami melakukan penertiban setiap hari, petugas kami memastikan bahwa sudah clean dari alat skimmer di mesin ATM,” jelasnya.

Sementara itu, 33 Orang nasabah Bank BRI unit Ngadiluwih Kabupaten Kediri pada hari Kamis (15/3) bernapas lega menyusul BRI mengembalikan semua uang nasabah yang hilang.

54 lain yang lapor hingga 13 Maret 2018 yakni dari BRI Unit Purwokerto Kecamatan Ngadiluwih masih dalam proses pendataan untuk mendapat pengembalian langsung pada rekening masing-masing.

Kasubdit Resmob Dit Reskrimum Polda Metro Jaya AKBP Aris Supriono mengatakan, 5 pembobol uang nasabah Bank BRI akhirnya tertangkap.

Mereka terdiri 4 warga negara asing sedangkan 1 pelaku lainnya berkaitan hal itu merupakan Wanita WNI asal dari Bandung, bernama Milah Karmilah.

“Pelaku bernama Caitanovici Andrean Stepan, Raul Kalai, Ionel Robert Lupu dari Rumania, dan Ferenc Hugyec dari Hungaria,” katanya, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (16/3/2018).

Seperti diketahui, pengurangan uang di ATM umumnya mendapatkan pesan SMS dari BRI center. Isi SMS tersebut menjelaskan, bahwa baru saja melakukan transaksi keuangan.(me/ham).

Komentar

comments