Cukur Petal Murid, Tiga Guru Dipenjara

Cukur Petal Murid, Tiga Guru Dipenjara

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)- Tahap kedua di Kejaksaan Negeri Banyuwangi kasus murid dicukur Petal menempatkan tiga guru muda SD Negeri 2 Patoman ditahanan sejak hari ini, Selasa (24/9/2019).

Ditahannya satu guru olah raga yakni Arya Abi Sanjaya (22) serta guru Joko dan Rizki yang merupakan dua guru ekstrakulikuler pencak silat itu menyusul salah satu pasal baru yang menjerat mereka 170 KUHP dinilai cukup memenuhi unsur ketika ditingkat penyidikan di Polsek Rogojampi.

Sebelumnya, dipenyidikan mereka hanya diterapkan Pasal 80 ayat (1) Undang-Undang perlindung anak JO Pasal 64,

Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejaksaan Negeri Banyuwangi, Koko Erwinto Danarko melalui salah satu jaksa Penuntut umum (JPU) yang menangani perkara tersebut Ari Dewanto SH, menyatakan unsur pasal 170 sudah dilengkapi oleh pihak penyidik kepolisian untuk ketiga guru tersebut.

“Sejak hari ini Kejaksaan menetapkan penahanan untuk tiga guru tersangka kasus cukur rambut paksa yang terjadi di Patoman,”jelas Ari.

Mengenai Pasal 170 KUHP diterapkan sejak bulan Juli lalu sehingga ketika penyidik sudah memenuhinya,  Kejaksaan Negeri Banyuwangi berhak menetapkan penahanan untuk ketiganya.

Pantauan FaktaNews, Tiga guru muda itu sejak sekitar pukul 09.00 pagi sudah di Kejaksaan Banyuwangi untuk memenuhi alih penyidikan dari kepolisian kepada Kejari Banyuwangi.

Tersangka Arya terlihat didampingi Kuasa hukumnya sempat kaget penerapan pasal 170.

Sementara itu, dua tersangka lainnya Joko dan Rizki yang tanpa didampingi kuasa hukum nampak resah menunggu.

Ikbal SH dan Gembong Rifai SH dua Kuasa hukum tersangka Arya mengatakan pihaknya akan melakukan counter hukum saat persidangan Pengadilan Negeri Banyuwangi.

“Pasal 170 itu yang menjadi konsentrasi kami saat persidangan,”katanya.(kin).

Komentar

comments

Tagged with