Cantumkan Marga, Biaya Administrasi Pembuatan Akte 50 Ribu

Juminten-Sip

Juminten-Sip

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)- Di yakini nama merupakan identitas nenek moyang, sebagian masyarakat masih menginginkan anaknya yang baru lahir bisa menyandang nama keluarga, marga dan keturunan di belakang namanya.

Berdasarkan surat edaran dari menteri dalam negeri di jelaskan dalam staatsblad 1849 nomer.25 Pasal 40 disebutkan, ada pengecualian apabila nama marga/ keluarga/ keturunan tersebut sudah menjadi kebiasaan yang dianggap sebagai nama kecil yang boleh di pergunakan.

Kabag Cacatan Sipil pada kantor Dinas Kependudukan Kabupaten Banyuwangi, Juminten Sip. mengatakan, dalam pengurusan untuk menambah nama marga, keluarga dan keturunan bisa di proses setelah kelahiran anak sampai usia 60 hari dan apabila sudah punya akte mau memberi nama marga harus melalui pembuktian hukum keturunan melalui proses persidangan Pengadilan Negeri.

“Setelah mendapat surat dari pengadilan negeri maka bisa kita proses,” kata juminten di ruang kerjanya (21/1).

Juminten menjelaskan lebih jauh, untuk biaya persidangan pihaknya tidak mengetahui.

“tetapi untuk pengurusan akte lahir di dinas kependudukan dan cacatan sipil di kenakan biaya adminitrasi sebesar Rp.50.000-,” katanya.

Sementara itu, dalam pembuatan akte kelahiran, Pemkab. Banyuwangi mempermudah melalui online. dan progam bayi lahir procot pulang bawa akte tanpa di pungut biaya alias gratis.(*makin)

Komentar

comments

Tagged with