Candi Jago Didirikan Kerajaan Singasari, Di Kunjungi Raja Majapahit

Candi Jago (foto. Niar)

Candi Jago (foto. Niar)

Faktanews.Co.id- Malang – Kunjungan wisata team faktanews.co.id. menuju malang. Berbagai cerita di kota yang kenal dengan apel ini, mulai keramahan penduduk sampai pula kepada cerita bersejarah candi jago yang mengelitik untuk dikunjungi.

Candi Jago berada 22 km Dari kota Malang, daerah Tumpang tepatnya di Dusun Jago, Dari pasar tumpang hanya berjarak 500 M. Tidak seperti tempat kunjungan wisata yang biasanya berarea luas dan tersedia tempat parkir. Wisatawan Candi Jago hanya menggunakan jalan umum sebelah kiri untuk Parkir kendaraan yang tak tersedia,

Candi jago terletak ditengah penduduk, hanya pagar kawat berduri pemisah dari lingkungan sekitar. Letaknya di pinggir jalan justru memudahkan setiap pengunjung menikmati salah satu peningggalan kejayaan masa lalu ini.

Namun bukan berarti candi ini mudah di jahili tangan, petugas setiap saat siap menjaga dan kesadaran penduduk sekitar justru membuat candi ini nampak terawat.

Disekitar kawasan candi ini juga ada beberapa tanaman atau taman kecil agar nampak memperindah dan asri suasana candi yang sangat bersejarah ini.

Candi Jago Malang ini juga nampak masih kokoh berdiri meskipun ada beberapa bangunan candi yang sudah mulai tidak ada ataupun hilang karena sudah termakan usia yang cukup sangat lama.

Keunikan candi ini dari candi lain, bentuknya mirip bangunan punden dan berundak. Untuk mengelilingi kawasan candi ini ada baiknya jika kita mengikuti arah jarum jam, karena letaknya menghadap barat.

Candi Jago ini bercorak agama siwa-budha seperti candi Singosari pada relief bagian dalam candi terbagi menjadi 2 karakter yaitu Hindu dan Budha.

Candi Jago (foto.Niar)

Candi Jago (foto.Niar)

Hampir semua sisi relief candi Jago Malang mempunyai cerita perjalanan spiritual tentang manusia. tiap teras di candi ini memiliki cerita yang berbeda-beda.

Candi jago Malang mempunyai sejarah dengan kerajaan singosari, karena menjadi tempat persemayaman Raja IV Kerajaan Singosari, yaitu Raja Rangga Wuni dengan gelar Sri Jaya Wisnu Wardhana (1248-1268) .

Menurut kitab Negarakertagama dan Pararaton, pembangunan Candi Jago berlangsung sejak tahun 1268 M sampai dengan tahun 1280 M, sebagai penghormatan bagi Raja Singasari ke-4, yaitu Sri Jaya Wisnuwardhana.

Meskipun dibangun pemerintahan Kerajaan Singasari, dalam kedua kitab tersebut di kisahkan, pada tahun 1359 M Candi Jago menjadi tempat yang sering dikunjungi Raja Majapahit Hayam Wuruk.

Candi jago ditemukan Belanda pada tahun 1834. Candi Jago Malang ini memiliki panjang 23,71m dengan lebar 14cm dan tinggi 9,97m . ”candi jago berdiri tahun 1268 masehi,”kata suryadi pegawai

Menurut Suryadi Candi jago selama ini dijadikan kawasan wisata yang masih terpelihara dan mendapat perhatian pemerintah. Salah satu contoh keberadaan dirinya sebagai PNS yang bertugas memelihara dan mengawasi.

”status saya sebaga pegawai negeri, candi ini di bawah naungan dinas purbakala,” Tambah Suryadi

Terletak dikawasan dataran tinggi, saat cuaca hujan seperti sekarang udara lumayan sejuk terasa dingin.(niar)

Komentar

comments

Tagged with