Buntut Eksekusi Nasabah KSP Gunakan Aparat, LSM Tekan Diskop Jatim Melakukan Pengawasan dan Tindakan

Buntut Eksekusi Nasabah KSP Gunakan Aparat, LSM Tekan Diskop Jatim Melakukan Pengawasan dan Tindakan

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)- Menindaklanjuti perlakuan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Milan yang dinilai bertindak sewenang-wenang layaknya lembaga perbangkan kepada salah satu warganya, Tiga Lembaga Sawdaya Masyarakat (LSM) Banyuwangi meminta dinas koperasi Jatim turun tangan.

Tiga LSM yang tergabung dalam Sekretariat Bersama tersebut, selain melaporkan ke Diskop Provinsi juga berkirim surat ke Presiden RI dan Kapolri.

Ini dilakukan menyusul Warga perlakuan KSP MILAN terhadap Ndaru Jati Pamungkas warga Dusun Kaliboyo Desa Kradenan Kabupaten Banyuwangi yang sempat ramai diberitakan media.

Menurut Ketua LSM Suara Bangsa,H Suyoto, di Banyuwangi banyak korban perlakuan KSP yang modusnya sama seperti yang dialami Ndaru.

Oleh karenanya, pihaknya selain akan mengawal persoalan yang menimpa Ndaru, mereka juga akan ikut memperjuangkan warga Banyuwangi bila mengalamai hal sama.

“KSP kan bukan Bank, mestinya kepada nasabah diperlakukan sebagai anggota Koperasi yang sesuai prinsip dasar Koperasi sebagaimana diatur UU Koperasi.

”KSP tidak boleh bermodus lelang, eksekusi dan semacamnya, kami minta kepada Dinas Koperasi Provinsi turun tangan agar KSP – KSP di Banyuwangi kelola unit usahanya sesuai azas – azas Koperasi,” jelasnya,(2/11).

Hal senada disampaikan, Ketua LSM Blak Mas Rizqi, mengatakan pola managemen KSP di Banyuwangi sudah diluar batas kewajaran.

”keberadaan Koperasi seharusnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama anggotanya, bukan malah jadi momok bagi anggotanya seperti dikejar – kejar rentenir, perlu diketahui bahwa Koperasi didirikan dengan maksud menjadi soko guru ekonomi bangsa, dan bisa menopang kelangsungan pembangunan ekonomi negara, ” sambungya.

Sementara Ketua LSM Formasi, Prasetyo menekankan pada fungsi pengawasan harus dilakukan Dinas Koperasi Provinsi agar tegas kepada Dinas Koperasi di Banyuwangi melakukan pembinaan, dan memaksimalkan pengawasan terhadap KSP–KSP di Kabupaten Banyuwangi.

“Saya dan kawan-kawan bertenu Staf Pengawasan Diskop Provinsi Yogi Wasisno. Agar Dinas Koperasi Provinsi mensupervisi tim ke Dinas Koperasi dan KSP di Banyuwangi,”katanya.(si/kin).

Komentar

comments