Blatter Pimpin FIFA Kelima Kali

Sept Blatter

Sepp Blatter

Faktanews.co.id. (Zurich)- Meski jelang pemilihan lembaga yang dipimpinnya (FIFA) bermasalah dengan 7 pejabat penting di tangkap polisi Swiss dan FBI karena kasus korupsi dan pencucian uang, namun  presiden incumbent Sepp Blatter yang sudah menjabat 4 kali, kembali terpilih menjadi Presiden FIFA untuk periode 2015–2019.

Blatter 79 tahun memangku jabatan kembali setelah satu-satunya pesaingnya, Pangeran Ali bin Husein mundur menjelang voting putaran kedua.

Dalam kongres ke-65 FIFA yang berlangsung di Zurich, Swiss, Jumat 29 Mei 2015 malam waktu setempat (Sabtu dini hari wib).

Pada putaran pertama, dalam voting Blatter didukung 133 suara, Pangeran Yordania, Ali mendapatkan 73 suara dari total 206 pemilih (mestinya 209).

Pemilihan dilanjutkan ke putaran kedua karena suara Blatter tersebut tidak mencapai dua pertiga (syarat untuk menang), Blatter membutuhkan setidaknya 140 suara untuk menang satu putaran.

Dengan pertimbangan putaran pertama kalah jauh perolehan suara voting, Jelang pemilihan putaran kedua, Pangeran Ali memutuskan mundur dari persaingan.

“Ini telah menjadi perjalanan yang indah mengetahui Anda dan bekerja dengan Anda, melihat tantangan yang Anda miliki dan saya ingin berterima kasih secara khusus bagi Anda yang cukup berani untuk mendukung saya,” kata Pangeran Ali dalam pidatonya.

“Tapi, saya akan menarik diri dari persaingan. Terima kasih banyak dan saya mendoakan yang terbaik untuk Anda semua di masa depan,” lanjut Ali.

Dengan mundurnya Pangeran Ali, otomatis Blatter yang mengkampanyekan reformasi di tubuh FIFA, kembali terpilih untuk periode kelima.

“Saya berterima kasih kepada Anda, saya ucapkan terima kasih karena menerima saya. Kami akan membawa perahu ini kembali, kami akan membawanya kembali ke pantai,” kata Blatter. (esp/ed/fn).

Komentar

comments

Tagged with