Belum Ada Cakapolri Baru, Tunggu Hasil Praperadilan, Budi Gunawan Tak Harus Mundur

Komjen (Pol) Budi GunawanFaktanews.co.id-(Jakarta)- Terkait kekosongan Kapolri, Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Syafriadi Cut Ali mengaku Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum meminta nama baru calon kapolri.

Persoalan Cakapolri Ini merupakan persoalan yang hinggi kini manjadi agenda yang harus diselesaikan pemerintah, Presiden Jokowi menunda pelantikan Komjen (Pol) Budi Gunawan sebagai kapolri. Sebelumnya, KPK menetapkan Budi sebagai tersangka dalam kasus dugaan gratifikasi.

“Belum,” kata Syafriadi soal nama-nama baru calon kapolri di kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (29/1).
Kompolnas menilai, akan lebih baik jika presiden menunggu Hasil proses praperadilan yang diajukan Komjen (Pol) Budi Gunawan (calon Kapolri) yang akan di proses pekan depan.

Hasil prapreadilan dipandang bisa dijadikan kepastian jabatan baru Budi Gunawan akan bergantung pada hasil tersebut.

“Kita tunggu saja minggu depan sudah ada keputusan,” katanya.
Sementara Komjen Budi Gunawan (BG) tak terima tim 9 yang merekomendasi, tidak melantiknya karena ditetapkan tersangka oleh KPK dan mempertimbangkan untuk mengusulkan calon kapolri baru.

“Tim independen yang dibentuk Jokowi itu, setahu saya sampai hari ini surat keputusan belum ada. Walaupun surat keputusan itu ada maka mereka itu yang selalu bilang institusi KPK super cepat, Polri super cepat tetapkan tersangka, kenyataannya, tim independen jauh lebih super cepat,” kata pengacara BG, Razman Nasution, yang datang ke Bareskrim Mabes Polri, Kamis (29/1). (fn)

Komentar

comments

Tagged with