Air Terjun Hangat Belawan, Hilangkan Penyakit Kulit Dan Badan Pegal

Air Terjun Panas Belawan

Air Terjun Panas Belawan

Faktanews.co.id.-(Bondowoso)- Melihat dari dekat BELAWAN merupakan wanawisata cukup eksotis. namun disaat hari libur panjang Wanawisata yang tak jauh dari kawah gunung Ijen ini minim pengunjung.

“bahkan di hari libur biasa terkadang sama sekali tidak ada pengunjung,” Kata Mad Warga yang mengaku tinggal didesa yang tak jauh dari Belawan.

Di hari libur panjang terkadang hanya terlihat wisatawan didominasi terbatas keluarga ekonomi kelas menengah dan kelompok anak muda.

Tidak seperti tetangga kabupaten sebelah timurnya yaitu Banyuwangi yang sedang geliat seluruh potensinya untuk wisata, mungkin minimnya promo menjadi kendala Belawan bisa dikenal masyarakat sebagai tempat wisata.

Tak kalah dengan wanawisata lain, diarea Belawan para wisatawan bisa menikmati pemandian air hangat, air terjun, pemandangan Gua Kapur serta melihat situs bersejarah seperti petilasan Damar Wulan.

Air terjun Blawan ini merupakan hilir dari kali pahit rembesan Kawah Ijen yang mengandung kadar belerang yang bisa berkhasiat untuk mengobati kulit, gatal atau penyakit kulit lain serta bila mandi bisa menghilangkan badan pegal-pegal.

Menariknya air terjun panas Blawan adalah muara alirannya langsung menuju ke dalam tanah seperti air terjun Niagara di Amerika dan pada akhirnya akan bermuara di daerah Asembagus Situbondo.

Menuju wisata yang masuk teritorial Kab. Bondowoso tepatnya berada di desa Kalianyar Kecamatan Sempol, dari wisata gunung Ijen hanya berjarak kurang lebih 10 km. atau sekitar 50 Km dari pusat Kota Bondowoso.

Menuju tempat wisata masih harus melewati jalan bebatuan, berdebu dan kotor.

Namun sepanjang jalan menuju ke lokasi air terjun Blawan kita akan disuguhkan pemandangan lembah yang indah lengkap dengan warna-warni bunga di kiri dan kanan jalan.

Jalan menuju air terjun Blawan sangat menantang dengan jalan kaki naik turun tangga di antara 2 tebing.

Masih diarea air terjun Blawan juga terdapat situs bersejarah petilasan Damar Wulan yang konon dalam legenda dipercaya sebagai pembunuh Minakjingo penguasa Blambangan kini Banyuwangi.

“wisata ini kalau dikelola sangat menraik, apalagi ini (Belawan)dekat dengan Kawah Ijen yang kini jadi tempat wisata hingga mendunia,” kata Aliong wisatawan keturunan yang mengaku tinggal di Denpasar, Bali. (tim.makin).

Komentar

comments

Tagged with