Agus Sudibyo : Pers Harus Menaati Prinsip Pagar Api

Faktanews.co.id-(Banyuwangi)– Ketua Komisi hubungan antar lembaga dan Internasional Dewan Pers Agus Sudibyo mengatakan, dalam menjalankan profesionalisme wartawan atau perusahaan Pers harus menaati prinsip Pagar Api.

Ini disampaikan Agus dihadapan sejumlah wartawan dan organisasi pers Banyuwangi serta beberapa undangan saat hadir dalam memperingati Hari Pers Nasional ke 74 tahun 2020, yang digelar PWI Banyuwangi,(29/2/2020).

Dalam peringatan HPN bertema ‘Mengenal Dewan Pers Langsung‘ di-pendopo Sabha Swagata Blambangan  Banyuwangi itu Agus menjelaskan, Prinsip pagar api yang maksud adalah pers harus bisa memilah antara urusan iklan dengan urusan berita.

Prinsip Pagar api ini sangat penting agar masyarakat tetap percaya kepada media dan awaknya (wartawan).

“Urusan bisnis harus di pisahkan dengan redaksi, jadi kalau mencari iklan itu bukan urusan wartawan, itu menjadi urusan marketing,”katanya.

Untuk hal itu, Agus juga mengingatkan, agar semua berjalan sesuai profesional dan berita mendapat kepercayaan publik, sebaliknya pemerintah juga jangan sampai mencampur adukan antara iklan dan berita.

“Jangan sampai ketika memasang iklan hanya kepada media yang baik dengan pemerintahannya saja,”katanya.

Lebih jauh Agus menyampaikan Profesional wartawan saat pilkada juga harus dipisahkan dalam urusan politik.

“Jurnalis bukan jurkam, jadi jika wartawannya menjadi jurkam maka hendaknya mundur dari persnya,” pesannya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, merincikan betapa pentingnya peran Pers dalam mendorong kemajuan Pemerintahan disuatu wilayah.

“Kami tidak bisa (meraih kemajuan) jadi ini tanpa campur tangan pers di Banyuwangi, saya kira di suatu daerah tidak merespon tim medianya maka bisa menjadi kendala dalam perjalanannya, karena memang sangat kuatnya kekuatan dan peran penting media di suatu wilayah, sekarang media juga punya tantangan baru, untuk memviralkan informasi dalam persaingan memberi informasi,” jelas Anas.

Sementara itu, Kapolresta Banyuwangi, Kombespol Arman Asmara Syarifudin.SH.SIK.MH mengungkapkan,Pers merupakan pemberi informasi terbaik bagi masyarakat.

“Dunia pers juga menjadi pemberi pelayanan kepada masyarakat yang terbaik dalam hal informasi, rekan wartawan di Banyuwangi selalu mengutamakan 3KO, yakni kordinasi, kolaborasi serta komunikasi,”ungkap  Arman.(kin).

Komentar

comments

Tagged with