Parpol Pendukung Pastikan Ridwan Kamil, Sudrajat, Dedi Mulyadi Cagub Jabar, Deddy Mizwar Koalisi Golkar?

Parpol Pendukung Pastikan Ridwan Kamil, Sudrajat, Dedi Mulyadi Cagub Jabar, Deddy Mizwar Koalisi Golkar?

Faktanews.co.id.- Menyusul tiga partai masing-masing Partai Gerindra, PAN dan PKS resmi berkoalisi mengusung Letjen (purn) dalam Pilgub -. Cawagub dalam Pilkada di Jawa Barat (Jabar) 2018.

Pasangan Sudrajat-Syaikhu aman dari jumlah kursi partai pengusung PKS 12 kursi, Gerindra 11 kursi dan PAN 4 kursi (jumlah total 27 kursi DPRD Jabar) sementara syarat minimal calon Peserta Pilkada Jabar minimal 20 kursi DPRD.

Sementara itu sejumlah lembaga survei menempatkan Ridwan Kamil masih memiliki elektabilitas terkuat di Pilgub Jabar. Nomor dua ada Deddy Mizwar, disusul oleh Dedi Mulyadi.

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil lebih dulu mengunci kantongi tiket sebagai Cagub setelah resmi tiga partai dengan jumlah kursi total 21 kursi mendukung (NasDem 5 kursi, PPP 9 kursi dan PKB 7 kursi).

Namun demikian, walau Ridwan dalam sejumlah kesempatan meyakini bahwa partai pengusungnya solid hingga mengusungnya menjadi Cagub atau tinggal menentukan calon wakil Gubernur pendampingnya,  Tapi dinamika politik bisa jadi berubah menyusul dukungan PPP terhadap Ridwan masih dimungkinkan goyah oleh ajakan Golkar yang sedang mencari teman koalisi dalm bursa pencalonan Pilkada.

Praktis incumbent Deddy Mizwar masih belum punya kendaraan partai politik yang memenuhi persyaratan sebagi pengusung pemeran Nagabonar itu. mantan aktor memilih jadi kader Partai Demokrat ini butuh koalisi misalkan partainya menguung dirinya, karena partai berlambang Mercy ini hanya punya 12 kursi DPRD, butuh koalisi partai minimal punya 8 kursi lagi.

Selain Golkar, PDIP dan Hanura juga masih menata langkah, dalm hal ini kans Deddy Mizwar maju Pilgub Jabar masih terbuka jika bisa meyakinkan PDIP atau Golkar tawar-menawar politik dengan Golkar sebelumnya mencabut dukungannya kepada Ridwan Kamil

Golkar sendiri telah memutuskan untuk mendukung kadernya Dedi Mulyadi. Golkar tak menutup peluang untuk koalisi dengan Demokrat. tinggal menentukan siapa Cagub – Cawagubnya dianatara Dedi atau Deddy Mizwar.

“Pak Dedi Mulyadi pastinya ada plus minusnya, saya juga ada kekurangannya. Hal itu  bisa dilihat dari survei juga, di mana letak kekurangan dan apa yang harus diperbaiki oleh kami,” kata Deddy Mizwar di rumah dinas Wakil Gubernur Jabar, Kamis, 28 Desember 2017.

Sementara itu sebelumnya, Koordinator Pemenangan Pemilu Partai Golkar, Nusron Wahid memberikan Isyarat, Dedi Mulyadi sudah persipakn menjadi calon orang no 1  (Gubernur) Jabar.

“Dedi Mulyadi kesiapan mentalnya lebih unggul (jadi Cagub). Perkara survei masalah waktu,” kata Nusron.

Hal sama dikatakan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto yang berjanji dalam waktu dekat menyampaikan nama calon Wakil Gubernur Jabar yang akan mendampingi Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar 2018.

“Calon Wagub Jabar) Dari partai juga,” katanya seusai rapat terbatas soal Tindak Lanjut Program Dana Abadi Pendidikan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/12). (me/pra/hay).

Komentar

comments

Tagged with