Festival Sego Cawuk, Chef Aiko Ajarkan Suguhan Menarik

Faktanews.co.id. (Banyuwangi)- Tak henti mengenalkan dan mengembangkan potensi wisata, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur menggelar festival sego cawuk, Sabtu 9 April 2016. Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli secara simbolis membuka Festival dengan pemukulan gong.

Meski dalam festival sego cawuk ini di warnai hujan gerimis namun tak menyurutkan para peserta serta antusiasme masyarakat.

Sego cawuk terdiri dari nasi yang dicampur kuah santan parutan kelapa, serutan jagung muda bakar dan kuah ikan pindang.

Lauk pendampingnya ada pepes (pelasan) ikan laut, telur pindang, tahu cacah, dan semanggi sambal serai.

Rizal Ramli

Rizal Ramli didampingi Bupati Banyuwangi A Azwar Anas Membuka Festival Sego Cawuk (9/4).

“Dengan festival ini, cita rasa dan penampilan sego cawuk akan meningkat, Penjual tahu bagaimana cara penyajian yang menarik bagi wisatawan, ada Chef Aiko yang kami datangkan untuk menunjukkan pada pedagang bagaimana menyajikan sego cawuk yang menarik,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Festival Sego Cawuk digelar  mulai pukul 08.00 WIB di Taman Blambangan. Di festival ini, ratusan peserta yang berasal dari para penjual sego cawuk, koki hotel, dan restoran serta masyarakat umum berlomba menampilkan sego cawuk yang berselera.

Hasil olahan sego cawuk ini nantinya dinilai oleh Chef Aiko. Aiko adalah salah satu koki host program kuliner yang biasa tanpil disalah satu stasiun televisi swasta nasional.

“Secara konsisten tiap tahun kami kenalkan kuliner khas Banyuwangi secara bergiliran, karena kuliner Banyuwangi ini sangat beragam, dengan Festival Sego cawuk ini, kami mempromosikan makanan khas Banyuwangi. Semakin dikenal, tentu diharapkan penjual sego cawuk kian laris,” jelas Anas.(van/makin)

Komentar

comments