8 kali Masuk final Benfica Di Ganjal Kutukan.

imagesFaktanews.co.id(Sport)- Kamis 15 Mei 2014 dini hari WIB pada laga final Europa League kontra Sevilla. Benfica kembali gagal meraih juara di kancah erofa dilaha kah sevilla lewat drama adu penalti.

Bertanding di Juventus Stadium Kesialan Benfica tampak pada di 90 menit waktu normal pertandingan. Tampil menekan dan menciptakan sejumlah peluang, Benfica selalu gagal menciptakan gol.  Untung peluang emas sevilla juga tak berbuah gol.

Pada perpanjangan waktu tambahan hal sama terjadi tak ada gol tercipta skor masih kacamata 0-0

Laga harus ditentukan adu penalti. Kegugupan mewarnai algojo penalty pemain benfica. Hasil dua eksekutor Benfica, Oscar Cardozo dan Rodrigo gagal, Sevilla sebagai juara karena para penendang sukses menjalan tugas tendangan penalti,

Sedangkan benfica harus mengakui melanjutkan kutukan kekalahan, “Ketika kalah maka situasi selalu sulit. Selama 120 menit, kami merasa sebagai tim yang melakukan segalanya demi meraih kemenangan, dan kami memiliki lebih banyak peluang,” kata pelatih benfica Jorge Jesus pada situs resmi Benfica.

Memang menyakitkan, karena Sebelumnya, pada final Europa League musim 2012/13. di Amsterdam Arena mereka juga tumbang skor tipis 2-1.dari Chelsea  yang saat itu masih di latih Rafael Benitez.

Kekalahan benfica kembali mengerucutkan kepada nama Bela Guttman kembali.

Pelatih ini mempunyai ikatan history dengan kebesaran nama benfica. memberikan dua gelar Liga Champions berturut-turut, 1960/61 dan 1961/62 ( saat itu masih bernama European Champion Clubs– dua gelar Liga, dan satu Piala Portugal

Dengan kegemilangan tersebut belum cukup jadi modal Guttmann meminta kenaikan gaji. Klub menolak permintaan Guttmann.

Sakit hati, Kecewa, Membuat pelatih kewarganegaraan Hungaria ini hengkang berpindah melatih Penarol dengan sumpah serapah untuk benfica “Dalam 100 tahun, sejak sekarang, Benfica tak akan pernah menjadi juara di Eropa,” kata Guttmann.

Selang setahun, Meski sempat unggul lewat Eusebio benfica gagal pada final European Cup final 1963 di kalahkan AC Milan. 1-2. Kegagalan itu juga memutus harapan keinginan benfica untk juara tiga kali nerturut-turut.

Dua tahun kemudian, dipartai puncak Benfica kalah 0-1.dari Inter Milan. Pada European Cup 1968 mereka kalah telak 1-4. Manchester United.

Pada 1983. Melaju hingga final di UEFA Cup –sekarang Europa League, mereka takluk dengan skor tipis 0-1 dari klub Belgia, Anderlecht.

Berlanjut tahun 1988, pada final European Cup. Bermain imbang 0-0 pada waktu normal plus extra time, mereka harsu pulang hampa setelah dikalahkan 5-6. Dalam adu penalti dari klub Belanda PSV Eindhoven.

Pada 2013, pada final Europa League melawan Chelsea di Amsterdam. Kutukan masih membayangi benfica, gol menit akhir Branislav Ivanovic memastikan tangisan benfica dengan kalah 1-2  dari The Blues.

Kekalahan final Europa League kontra Sevilla 2014 ini memperpanjang catatan kutukan Benfica di kancah erofa, delapan masuk final kompetisi Eropa semuanya berakhir kekalahan. kutukan Guttmann ???.(edt/Fn)

Komentar

comments