Destinasi Wisata Waduk Bajulmati Segera Operasi Mengairi Sawah 1.800 Hektar

Waduk BajulmatiFaktanews.co.id.(Banyuwangi)- Kabar mengembirakan untuk warga Banyuwangi Jawa Timur. Karena, waduk Bajulmati, yang berkapasitas 10 juta meter kubik air siap beroperasi. Momentum ini ditandai dengan pengisian awal air (impounding) yang dilakukan oleh Dirjen Sumber Daya Alam Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU dan Pera), Mudjiaji.

“Waduk bajulmati sendiri dibangun sejak tahun 2006 dengan biaya pembangunannya Rp 422 miliar,” katanya.(2/12)

 Dengan daya kapasitas waduk sebanyak 10 juta meter kubik, hampir dipastikan bisa mengairi sawah hingga 1.800 hektar dan mampu mengalirkan air baku sebesar 120 liter per detik.

“Adanya bendungan ini, diharapkan lahan persawahan di sekitar waduk bisa minim dua kali tanam. Sementara air bakunya bisa digunakan menyuplai kebutuhan air bagi industri di Banyuwangi, juga bisa digunakan untuk masyarakat,” ungkap Mudjiaji.

Selain itu, waduk Bajulmati juga berpotensi menghasilkan energi listrik mikro hidro sebesar 340 KW. Bisa juga berfungai sebagai destinasi wisata baru bagi Banyuwangi.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen Waduk Bajulmati, Amos Sangka menambahkan, waduk ini akan terisi optimal sekitar 3 sampai 4 bulan ke depan. Untuk pengisian, memanfaatkan sumber mata air Sungai Bajulmati yang berhulu dari Gunung Ijen.

“Kita perkirakan sekitar Maret hingga April baru terisi optimal. Saat musim kering ini debitnya memang hanya 1,5 meter kubik per detik, namun sekitar akhir Desember yang masuk musim hujan kita prediksi debitnya mencapai 100 – 300 meter kubik per detik,” jelas Amos.

Untuk makin mengoptimalkan prosesi pengisian, terowongan pengelak, sementara ditutup. Sehingga air tak sampai terbuang melalui lubang terowongan.

Waduk Bajulmati sendiri, sambungnya, akan memiliki banyak fungsi. Mulai dari irigasi, penyedia air baku, penahan banjir, hingga sebagai destinasi wisata.

Komentar

comments