40 Aparat Kepolisian Polres Banyuwangi Dibantu TNI Amankan Eksekusi

40 Aparat Kepolisian Polres Banyuwangi Dibantu TNI Amankan Eksekusi

Faktanews.co.id.- Sejumlah Aparat Kepolisian Polres Banyuwangi dan Polsek Kalibaru mengamankan eksekusi lahan milik H. Nur Khotim di Desa Kajarharjo,  Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, sejak pukul 09.00 hingga selesai, (5/2/2018).

Eksekusi Berdasarkan penetapan ketua Pengadilan Banyuwangi tanggal 31 Januari 2018 Nomor : 56/Pdt.G/2015/PN.Bwi jo. Nomor :33/Pdt.Eks/2017/PN Bwi, berjalan dengan lancar dan tanpa perlawanan.

Selain nampak beberapa anggota berseragam TNI, dalam eksekusi ini pihak kepolisian menurunkan 40 personil polisi terdiri dari anggota Polsek Kalibaru 20 orang dan dua Polsek terdekat masing-masing 5 orang sementara aparat Polres Banyuwangi 10 orang.

Pihak keamanan dari kepolisian tersebut dipimpin Kabag Operasional (KBO) Polres Banyuwangi, Kompol Samsudin didampingi Kapolsek Kalibaru AKP Abdul Jabar SH.

Eksekusi oleh petugas Pengadilan Negeri Banyuwangi  berdasar putusan Pengadilan Negeri Banyuwangi daloam perkara perdata Nomor : 56/Pdt.G/2015/PN.Bwi  Tanggal 11 Juni 2015 jo. Putusan Pengadilan Tinggi Jawa Timur Nomor : 701/PDT/2015/PT.Sby Tanggal 31 Maret 2016 jo. Putusan Mahkamah Agung RI Nomor : 3604 K/Pdt/2016 Tanggal 13 Februari 2017 yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap (incrah).

Dalam perkara ini pemohon eksekusi H Nur Khotim setelah menang atas tergugat Doni Andrianto serta delapan tergugat lain (para termohon eksekusi).

Eksekusi ini dilakukan kepada tiga bidang lahan berbentuk sawah produktif terletak di Desa Kajarharjo masing masing berukuran luas 4740 M2, 3900 M2 dan 3080 M2.

Anehnya, salah satu lahan obyek perkara diketahui baru ber-SHM, jual beli terjadi pada saat lahan tersebut dalam proses perkara dan sempat diajukan blokir.

Juru Sita Pengadilan Negeri Banyuwangi menjelaskan, sebelum eksekusi pihaknya sudah melakukan upaya sebelumnya.

“eksekusi ini berjalan dari mulai memanggil termohon, lewat anmaning (teguran) kepada termohon dan akhirnya Pengadilan Negeri Banyuwangi mengeluarkan surat penetapan eksekusi,” kata petugas PN Banyuwangi, Supriyadi bersama petugas lain.

Sementara itu sebagai pemohon ekaekusi, H Nur Khotim mengatakan, dirinya telah menghadirkan para pihak yang mengetahui batas batas lahan sesuai dengan putusan.

“kita minta bantuan Aparat Kepolisian sebagai pengamanan sesuai presedur yang berlaku untuk menjaga hal tidak diinginkan dan Alhamdullillah semua aman- aman saja, untuk yang masih ada tanaman padi tadi juga dipotong disaksikan aparat dan semuanya,”jelas Nur Khotim. (kur/kin).

Komentar

comments

Tagged with