29 Orang ODP Corona Tersebar Di 15 Kecamatan, Penyemprotan Disinfektan Terus Dilakukan

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)– Data laporan harian Coronavirus Disease (Covid-19) 38 orang berstatus ODP (Orang Dalam Pemantauan) virus Corona Covid-19 pada pukul 13.00 WIB, Minggu (22/3/2020).

Pada data tersebut terinci secara lengkap nama, umur, jenis kelamin, alamat, kriteria kasus (ODR, ODP, PDP, Konfirmasi), rumah sakit tempat merawat, faktor resiko, diagnosis, dan keterangan.

Sementara itu, status ODP seperti diketahui adalah orang yang memiliki gejala panas badan, gangguang saluran pernafasan ringan dan pernah mengunjungi atau tinggal di daerah penularan virus. Atau juga orang yang pernah kontak erat dengan kasus terkonfirmasi Corona Covid-19.

“Ada Sembilan ODP yang sudah selesai masa pantau. Jadi tinggal 29 orang yang masih kita pantau,” ungkap Kepala Seksi Surveilans Imunidasi Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Hadi Sutoyo, pada Minggu sore,(22/3/2020).

Dari 29 orang ODP tersebut tersebar di 15 Kecamatan di Kabupaten Banyuwangi.

  1. Kecamatan Rogojampi, 1 orang.
  2. Kecamatan Purwoharjo, 1 orang.
  3. Kecamatan Giri, 1 orang.
  4. Kecamatan Tegalsari, 1 orang.
  5. Kecamatan Licin, 1 orang.
  6. Kecamatan Pesanggaran, 1 orang.
  7. Kecamatan Glagah, 1 orang.
  8. Kecamatan Bangorejo, 1 orang.
  9. Kecamatan Sempu, 1 orang.
  10. Kecamatan Kalibaru, 1 orang.
  11. Kecamatan Glenmore, 3 orang.
  12. Kecamatan Kalipuro, 3 orang.
  13. Kecamatan Kabat, 3 orang.
  14. Kecamatan Genteng, 4 orang.
  15. Kecamatan Songgon, 6 orang.

“Ada Sembilan ODP yang sudah selesai masa pantau. Jadi tinggal 29 orang yang masih kita pantau,” ungkap Kepala Seksi Surveilans Imunidasi Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Hadi Sutoyo, pada Minggu sore,(22/3/2020).

Lebih jauh Hadi meminta, untuk menghindari sebaran virus Corona ini,  agar masyarakat menerapkan social distancing secara disiplin.

Sementara itu, Palang Merah Indonesia (PMI) Banyuwangi menerjunkan 1 tim terdiri dari 4 sampai 5 orang dengan mengendarai ambulance ke masyarakat untuk melakukan penyemprotan disinfektan.

Salah satu relawan yang bertugas melakukan penyemprotan Panca Teguh Suparman mengatakan, dalam 1 mengendarai sepeda motor dan kendaraan mobil ambulance.

“Sampai dengan hari ke -7 ini, sudah sekitar 25 sekolah, 8 instansi pemerintah dan swasta seperti pabrik semen bosowa serta beberapa tempat ibadah telah mendapatkan penyemprotan disinfektan,”terang Dimas Wahyu, relawan lainnya.(dep/kin).

Komentar

comments