Konferensi Panas dan Diwarnai WO. Sukron Kembali Terpilih Pimpin GP Ansor Banyuwangi

Konferensi Panas dan Diwarnai WO. Sukron Kembali Terpilih Pimpin GP Ansor Banyuwangi

Faktanews.co.id.(Banyuwangi)- Seperti diduga sebelumnya H.Sukron Makmun Hidayat memimpin untuk kedua kali GP Ansor Banyuwangi.

Adik kandung Bupati Banyuwangi tersebut menang secara aklamasi dalam konferensi pemilihan ketua GP Ansor bertempat di Pondok Pesantren Ibnu Sina, Genteng, Banyuwangi sekakigus menutup kemungkinan satu kandidat lain H Ihwan Arif.

Sayangnya terpilihnya Sukron secara aklamasi diwarnai ketidakpuasan yang kericuhan yang nantinya akan dipimpinan pusat GP Ansor.

Tarik menarik kepentingan Ansor di dalam pemerintahan Banyuwangi dan Partai Politik  membuat situasi panas layaknya Intrik – intrik berpolitik praktis dalam rebutan kekuasaan.

Berawal, Dugaan peserta bayaran yang masuk dalam konferensi GP Ansor Kabupaten Banyuwangi menjadi pemicu meradangnya sejumlah Pengurus Anak Cabang (PAC).

Peserta tersebut merupakan utusan ranting yang dibentuk dadakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Suasana panas ketika beberapa pengurus anak cabang menumpahkan kekecewaan dengan membakar ID dan Walk Out.

Ketua PAC Ansor Kecamatan Giri Hadiyul Ikdam mengatakan, sesuai hasil kesepakatan pada konferensi yang gagal sebelumnya, Pengurus Wilayah (PW) mengintruksikan untuk melanjutkan dengan peserta yang sudah terdata sebelumnya.

“di PAC Glagah sebelumnya gak ada ranting, saat ini sudah terbentuk ketua ranting ini aneh,” ungkap Hadiyul.

Berbeda dengan Hadiyul, ketua PAC Cluring Iskandar justru menuding PW tidak bisa menafsirkan keputusan Konbes mengenai tata tertib konferensi sehingga kegiatan ini dianggap cacat secara administratif dan segala keputusan dihasilkan juga tidak sah.

“untuk itu kita walk out dan biarkan duit menguasai konferensi ini,” tegasnya.

Dari sekitar 15 PAC walk out diantaranya dari kecamatan Banyuwangi, Giri, Kalipuro, Wongsorejo, Muncar dan sejumlah pimpinan ranting.

Meski demikian panitia yang dipimpin PW melanjutkan acara dan memenangkan petahana yaitu Sukron Makmun Hidayat menjadi ketua PC Banyuwangi untuk periode 2016-2020 secara aklamasi mengalahkan H Ichwan Arif yang dijegal melalui administrasi.

“Keabsahan dukungan dari PAC Wongsorejo tidak sah dan sertifikat PKL yang dimiliki saudara Ichwan juga bermasalah,” kata Nawawi, ketua panitia konferensi.

Merasa aspirasinya tidak dihiraukan oleh PW, sejumlah pengurus PAC yang walk out membakar id card dan tata tertib sidangu yang dibuat panitia dan akan melaporkan kasus di Banyuwangi ini ke Pimpinan Pusat GP Ansor.(*kin).

Komentar

comments

Tagged with